Motor DC

Image

Motor dc adalah sebuah motor listrik yang menggunakan aliran arus dc sebagai pembangkit medan magnet pada rotor (bagian motor yang berputar). Motor dc ini terdiri dari magnet permanen (stator), lilitan kawat (rotor), sikat (brush), komutator. Magnet permanen berfungsi sebagai stator (bagian motor yang diam) yaitu yang memberikan fluks medan magnet yang memotong tegak lurus rotor (lilitan kawat). Sedangkan rotor, kedua ujungnya terhubung dengan sumber tegangan dc sehingga akan mengalir arus searah. Arus searah pada kawat rotor akan menimbulkan medan magnet yang arahnya mengikuti aturan tangan kanan (dengan ibu jari menunjuk arah arus dan keempat jari lainnya menunjukkan arah medan magnet). Arah medan magnet pada rotor tegak lurus dengan arah medan magnet pada stator, sehingga saling berpotongan sebagai akibatnya akan timbul torsi (gaya putar). Bagian rotor yang dekat dengan kutub utara magnet akan bergerak kebawah, sedangkan bagian rotor yang dekat dengan kutub selatan magnet akan bergerak keatas.

            Untuk menjaga supaya arah arus listrik tetap (tidak berbalik arah) ketika rotor sudah berputar 180°, maka diperlukan komutator. Komutator adalah alat untuk menjaga supaya arus tidak berbalik arah ketika rotor sudah berputar 180°. Bentuk komutator seperti cincin (ring bulat) yang dilengkapi dengan dua buah sikat (brush) sebagai penghubung kedua ujung rotor dengan sumber tegangan dc.

Kedua ujung rotor berputar mengikuti jalur cincin komutator sehingga sebagai contoh ketika ujung rotor A terhubung dengan kutub positif, maka ujung rotor B terhubung dengan kutub negatif. Pada saat arus listrik mengalir dari ujung rotor A menuju ujung rotor B, maka rotor akan mulai berputar (berlawanan arah jarum jam). Ketika putaran rotor mencapai 180°, maka ujung rotor A seharusnya berada pada kutub negatif dan ujung rotor B berada pada kutub positif (terbalik), jika hal ini tidak terjadi maka akan membalik putaran fluks magnet pada rotor dan akan terjadi pengereman putaran rotor. Tetapi dengan adanya komutator, pembalikan putaran fluks magnet pada rotor tidak terjadi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar diatas.

Leave a comment